Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Tandatangani PP Dosen

BANDUNG — Para dosen saat ini boleh mulai bernafas lega. Pasalnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menandatangani…

PP tentang Dosen beberapa hari lalu. Dosen yang telah bersertifikasi akan dapat tunjangan profesi satu bulan gaji.

”Semoga PP ini bisa memperbaiki nasib dosen kita,” ujar SBY Presiden yang disambut tepuk tangan hadirin dalam pidato peringatan puncak Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di kampus ITB, Selasa (26/5).

Ditandatanganinya PP Dosen melengkapi PP Guru yang telah ditandatangani Presiden SBY tahun lalu. Kedua PP tersebut merupakan pengejawantahan dari Undang-Undang (UU) Guru dan Dosen yang disahkan pada pertengahan 2005 lalu. PP Guru sebelumnya sudah disahkan.

Sementara, Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Depdiknas, Fasli Jalal menjelaskan, tunjangan profesi dosen tahun 2009 akan diberikan kepada 12 ribu dosen yang memenuhi syarat.

”Dari jumlah itu, pada tahap awal tunjangan diberikan kepada 3800 guru besar yang secara otomatis mendapat sertifikasi,” cetusnya.

Saat ini, kata Fasli, sedang dilakukan proses seleksi bagi dosen yang memenuhi syarat mendapatkan sertifikasi. Salah satu syaratnya adalah bergelar doktor dan telah mengajar di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta selama 15 tahun. ”Dan juga memiliki pengalaman di beberapa organisasi atau jurnal penelitian,” cetusnya.

Fasli menambahkan, tunjangan bagi para guru besar memang cukup besar, bisa tiga kali lipat, karena selain mendapat tunjangan profesi, guru besar juga mendapat tunjangan fungsional dan tunjangan lain. Seorang guru besar mendapat gaji kasar bekisar Rp 10-13 juta per bulan.

Proses seleksi dosen, kata Fasli melibatkan perguruan tinggi yang masuk kategori mampu melakukan sertifikasi intern, antara lain, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universtas Andalas, Universitas Sumatera Utara dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

”Selain melakukan penilaian fortopolio bagi dosennya sendiri, perguruan tinggi yang masuk world class tersebut akan dilibatkan dalam proses penilaian dosen dari perguruan tinggi lain,”cetusnya.- eye/ahi –Republika

One Response

  1. Alhamdulillah berita baik bagi para pendidik kita ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: