Mendirikan Da`i Centre Al Washliyah

TULISAN ini dibuat untuk menyongsong acara silaturahim Da’i Al Washliyah yang akan diadakan dalam waktu dekat, sekedar memberikan sumbang saran secara terbuka agar dapat diketahui secara umum oleh warga Al Washliyah yang diharapkan dapat memberikan dukungannya.

Sudah waktunya Al Washliyah sebagai organisasi dakwah melakukan dakwah lebih professional, di antaranya memiliki “Da’i Centre” di seluruh Indonesia, minimal di setiap daerah tingkat dua, kabupaten atau kotamadya,  yang aktif Al Washliyahnya.

Da’i Centre itu suatu kebutuhan yang mendesak dalam suasana dakwah saat ini, sangat diperlukan sebagai markas yang memiliki alamat tetap dan nomor telepon atau internet yang dapat dihubungi setiap saat, tempat pertemuan dan berkumpulnya Da’i Al Washliyah, sekaligus tempat masyarakat untuk mencari da’i yang mereka perlukan dalam mengisi acara-acara keagamaan.

Pendirian Da’i Centre ini tentunya memerlukan dukungan dana dari berbagai pihak, baik dari Al Washliyah dan organ-organnya maupun dari pemerintah setempat.  Jika tahap pertama belum dapat membangun sendiri, untuk sementara dalam program jangka pendek dapat menyewa satu tempat yang ukurannya sedang atau bersatu dengan kantor organisasi Al Washliyah di daerah masing-masing. Dengan demikian diharapkan kegiatan Dakwah Al Washliyah akan dapat ditangani lebih serius dan lebih professional.

KEBUTUHAN DA’I

Kalangan da’i, memerlukan sekali tempat berkumpul, untuk membuat suasana gembira dan memiliki basis kekuatan para Da’i untuk menyebar syiar Islam. Tempat itu dapat digunakan sebagai pusat beroperasinya kegiatan da’wah Al Washliyah dan tempat berdiskusi tentang kegiatan da’wah yang dilakukan sehari-hari waktu demi waktu.

Da’i perlu memiliki suatu tempat untuk mengatur strategi, administrasi dan manajemen da’wah serta membangun SDM para Da’i. Tempat itu sangat berguna untuk  mendiskusikan tentang apa saja materi ceramah/khutbah yang perlu disampaikan sesuai dengan keharusan dan kebutuhan serta momentum yang terjadi di masyarakat. Tempat untuk  mendiskusikan  metode apa yang baik untuk digunakan dan bagaimana hasil pemantauan tentang suasana umat Islam di lapangan sebagai reaksi atau hasil dari da’wah yang sudah disampaikan.

Di Da’i Centre itu  dapat dibahas tentang daerah dakwah mana yang sudah terjangkau oleh dakwah dan daerah mana yang belum. Dimana kekuatan dan kelemahan masyarakat dalam melaksanakan dakwah Islam. Di tempat itu juga dapat dibahas tentang kesejahteraan kehidupan para Da’i.

KEBUTUHAN MASYARAKAT

Sering kali didapati masyarakat kesulitan untuk mencari Da’i,  terutama pada waktu-waktu tertentu seperti waktu Solat Jumat, untuk mendapatkan khotib yang diperlukan terus menerus setiap seminggu sekali dan kebutuhan  untuk shalat Idul Fitri dan Idul Adha setiap tahun serta untuk mengisi pengajian dan peringatan hari-hari besar Islam.

Kebutuhan akan Da’i selain Da’i utama juga perlu Da’i cadangan. Jika sewaktu-waktu Da’i utamanya tiba-tiba berhalangan datang pada waktunya sebab sakit, kecelakaan, macet total, dan masalah-masalah darurat lainnya, maka Da’i penggantinya pada waktunya harus sudah ada. Hal ini perlu  untuk menghilangkan rasa cemas para pengurus masjid atau panitia. Jika acara sudah siap-siap untuk dilaksanakan dan jamaah sudah berkumpul, tapi pembicara atau khotib tidak ada, maka hal ini sangat berbahaya terhadap pengurus atau panitia karena jamaah bisa bubar jika tidak satupun diantara jamaah yang bisa tampil menggantikan.

Pada waktu-waktu tertentu masyarakat selalu bingung jika memerlukan Da’i kemana mencarinya?. Bagi yang sudah rutin mengundang Da’i biasanya mereka sudah punya Da’i langganan. Jika ada Da’i Center Al Washliyah ada seperti yang sudah dimiliki oleh beberapa kelompok Da’i lainnya dan tempat itu dikenal secara umum oleh masyarakat, maka  hal itu akan dapat membantu memudahkan umat Islam di tempat itu  untuk dapat memenuhi kebutuhannya disaat-saat mereka memerlukan Da’i.

PUSAT KEGIATAN MENCETAK KADER DA’I

Da’i Centre diperlukan untuk mencetak para Da’i muda sebagai generasi penerus untuk menambah jumlah Da’i maupun yang akan menggantikan posisi Da’i senior agar jumlahnya menjadi lebih banyak. Tempat itu juga dapat dipakai untuk membangun kualitas SDM para Da’i yang ada agar dapat menyampaikan da’wah dengan bijaksana dan dengan cara yang lebih simpati serta berkualitas.

Da’i Centre dapat  berfungsi untuk tempat mengenalkan kepada para Da’i alat alat Informasi Teknologi yang dapat membantu para Da’i lebih memudahkan dalam berda’wah, maka Center ini dapat menyiapkan sarana komunikasi dan media sosial sebagai alat da’wah masa kini yang diantaranya mungkin belum  dimiliki oleh pada Da’i secara merata. Da’i Center juga dapat digunakan untuk tempat latihan para Da’i jika akan tampil didepan layar televisi atau untuk wawancara.

PERPUSTAKAAN UNTUK REFERENSI
Da’i Centre dapat digunakan sebagai perpustakaan tempat menyimpan buku-buku sebagai rujukan ceramah para Da’i dan untuk membantu memberikan bahan referensi bagi para Da’i yang rajin menulis dsb.  Masih banyak lagi pemanfaatan tempat ini, jika dapat disediakan bagi pada Da’i Al Washliyah yang membuat mereka akan semakin baik dan maju. Dengan adanya Da’i Centre, kegiatan-kegiatan da’wah Islam diharapkan akan semakin bervariasi penampilannya dan semakin berkembang.

H. Abdul Mun’im Ritonga, SH.MH
Penulis Adalah seorang anggota Da’i Al Washliyah DKI Jakarta – See more at: http://kabarwashliyah.com/2013/04/28/mendirikan-dai-centre-al-washliyah

One Response

  1. Smg ruh islam hidup qalbu para washliyyin, aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: